Minggu, 12 November 2017

sejarah Pondok Pesantren NURULQADIM




SEJARAH  PONDOK  PESANTREN  NURUL  QADIM
25 km daripusat kota Probolinggo, berdiri sebuah pondok pesantren yang bernama Nurul Qadim. Tepatnya di desa Kalikajar kulon kec.Paiton kab.Probolinggo Jawa Timur.Sebuah perjalanan panjang dan penuh perjuangan untuk membuat Ponpes Nurul Qadim menjadi mashur dan terkenal hingga saat ini. Sejarah banyak mencatat bahwa  tokoh pendiri  PP.Nurul Qadim begitu dicintai dan dikenal masyarakat , daritangan beliaulah sejarah dimulai.

(KH.HASYIM MINO PENDIRI PP.NURUL QADIM)
(sumber gambar; youtbe syubbanulmuslimin stories)

Transformasi  jaman tak lantas membuat  pondok ini tenggelam Nurul Qadim tetap  tegar berdiri dan semakin berkembang hingga berjalanya waktu . Semua itu tidak lepas dari perjuangan pendiri pondok Kehidupan masyarakat saat itu jauh dari niai niai islam, pengetahuan mengenal islam masih sulit didapat selain terkendalanya informasi tidak adanya wadah /tempat belajar agama menjadi slah satu faktor yg membuat masyarakat begitu awam mengenal islam. Hal ini lah yg membuat Kyai Mino bertekad memiliki misi yg kuat dan mengayomi masyrakat  untuk belajar agama.
Pada th 1943 beliau mendirikan sebuah masjid yg ia bangun tepat di depan rumahnya, masji yg ia bangun bersama santri merupakan proses awal berdirinya PP.Nurul Qadim.




(sumber gambar; youtbe syubbanulmuslimin stories)

Saat itu wadahpendidikan islam belum terstruktur dengan baik , santri hanya datang untuk  mengaji dan sholat berjamaah. Di th 1955 Kyai Mino mendirikan madrasah yg dipimpin oleh Ustad Ahmad  kegiatan ini berjalan hingga th 1963.Untuk lebih memperdalam ilmu agama, setelah menikah Kyai Mino memutuskan untuk mempelajari agama di Pesantren Zainul Hasan Genggong . Di tengah pendidikan tidak berjalan mulus th 1960 madrasah sempat mengalami kemosrotan  namun hal initidak lantas membuat pendidikan yg dibangun terhenti , Kyai Mino dan Ust. Ahmad terus berjuang memajukan pondok.
Tahun 1943-1987 menjadi sejarah perjuangan kyai mino sebagai tokoh pendiri pp. nurul qadim perjuangan yg akan selalu dikenang sepanjang masa  oleh masyarakat ,kerjakeras dan kebaikan jasanya masih terasa sampai saat ini. Pada akhirnya kyai mino wafat  dan kembali ke rahmat allah pada th 1987.


(sumber gambar; youtbe syubbanulmuslimin stories)

Kemudian tokoh penerus perjuangan pp nurul qadim diwariskankepada kyai Nurudin dan kyai Djalal. Kyai nurudin saat itu menjadi santri sekaligus pengajar  di pesantren zainul hasan. Tahun 1963 beliau memutuskan untuk menikah dengan  nyai Umi Salamah (putri kyai mino).kyai nurudin meneruskan perjuangan kyai mino untuk mengembangkan pesantren , th 1963 menjadi langkah awal perkembangan pendidikan pp nurul qadim dengan latar belkang pengalaman mengajar  di pondok zainul hasan kyai nurudin  membuat system pendidikan yg lebih terperintis dan kurikulum yg jelas. Pendidikan pun sedikit demisedikit mulai  berkembang.
Namun beberapa th kemudian sempat mengalami kemosrotan hingga kyai nurudin mengubah system pendidikan kepada santri  untuklebih fokus mempelajari  ilmu agama dan mengurangi  kegiatan kerjabakti pembangunan .
 Berkat kegigihan inilah pada th 1970 pendidikan di pondok pesantren  mengalami perkembangan pesat  santri mulai banyak berdatangan dan kyai nurudin mencanangkan untuk membangun Mts di th 1975. Pada th 1988 kyai nurudin mengembangkan pondok  dengan membuka pondok putri  baru disebelah utara pondok utama , santri pun semakin banyak dan berkembang pesat.
(sumber artikel ;youtube saiful anam)

*mohon maaf jika ada kesalahan
Semoga bermanfaat  ya 

BERIKUT BEBERAPA GAMBAR TENTANG PP. NURUL QADIM:




(sumber gambar; youtbe syubbanulmuslimin stories)














(Sumber gambar: youtube b2multimedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MUDAH BANGET BEGINI CARA MEMBUAT DALGONA COFFEE TANPA MIXER DIJAMIN ENAK

MUDAH BANGET BEGINI CARA MEMBUAT DALGONA COFFEE TANPA MIXER DIJAMIN ENAK   Siapa sih yang tidak tahu minuman kopi kekinian ala korea ini, Da...